Cooking Class, Hari Khusus Demo Memasak

0
503
ustadz dony malah foto2, mana masakannya ustadz?

Ada yang tidak biasa pada hari itu (Rabu, 23 November 2016) , tepatnya di tempat parkiran SD IT Nidaul Hikmah yang biasanya penuh oleh motor milik guru,  tapi pada pagi itu tidak ada satupun terparkir sepeda motor guru, Ada apa ya????

Rupanya pada hari itu ada acara Cooking Class yang diikuti oleh seluruh siswa kelas V,  acara ini dilaksanakan di tempat parkir dan juga ruang kelas V itu sendiri, jadi untuk saat itu semua motor guru dan karyawan parkir sementara di halaman sekolah, tapi tak mengapa lah, demi mereka agar bisa lebih fokus dan konsen dalam memasak…hehe

Pada mulanya anak-anak diminta meracik bumbu nasi goreng dan menyiapkan sup buah di masing-masing kelas, kemudian setiap kelompok dibagi dua yaitu kelompok yang memasak nasi goreng dan juga kelompok yang membuat sup buah, kelompok yang membuat nasi goreng pindah ke tempat parkir sedangkan untuk yang membuat sub buah tetap dikelas, ternyata ada tujuan kenapa tempat parkir dipilih sebagai tempat untuk memasak nasi goreng bukan diruangan atau kelas? rupanya karena dikhawatirkan dari acara ini akan meninggalkan sampah maupun bekas yang susah dihilangkan seperti minyak maupun jelaga, salut deh buat ustadz dan ustadzah kelas V yang juga ikut memikirkan dampak kegiatan terhadap kebersihan… 😉

compr_img_20161123_102345Pada saat itu semua turut andil sesuai dengan tugas yang diberikan masing-masing di kelompok, jadi tidak ada yang menganggur, begitu pula ustadz-ustadzah yg kelihatan membantu dan membimbing siswa siswinya ketika memasak, wow. Anak-anak senang dan semangat mengikuti acara cooking class ini karena acara yang dimulai dari jam 08.30 sampai dengan 11.30 ini mampu memberikan pengalaman yang berharga kepada mereka meskipun mereka harus menyiapkan bermacam-macam hal sebelumnya untuk persiapan memasak seperti tempat untuk memasak, mengangkat meja dari lantai 3 (tempat kelas V) ke tempat parkir, membawa kompor dll, mereka tidak berkecil hati dan tetap mengikuti kegiatan sampai selesai dengan senang. Hasil dari masakan kemudian dihias dan disajikan di meja yang telah disiapkan di lorong kelas V untuk kemudian dilakukan penilaian oleh juri.

Ustadzah Tri Wahyuni dipilih sebagai juri untuk menilai masakan yang kebetulan juga ngantor di lantai 3 (dekat dengan kelas v), “ada beberapa poin yang dinilai,  diantaranya penyajian, rasa,  maupun kebersihan” kata Ustadzah Tri ketika hendak mau melakukan penilaian.

Semua masakan yang telah selesai dinilai kemudian dinikmati bersama-sama oleh para siswa maupun ustadz dan ustadzah, tidak terkecuali ustadz ustadzah yang bukan pengampu kelas V, semua boleh mencicipi selama masih ada makanannya.. 😀 …yang ga dapat gimana…? tenang jangan nangis 😥 ,tunggu acara cooking class selanjutnya…Okay..

Bukan Siswa SDIT Nidaul Hikmah kalau tidak mau bertanggung jawab terhadap kebersihan, karena setelah usai kegiatan mereka tidak lupa untuk membereskan kembali peralatan masak dan membersihkan sisa-sisa dan sampah juga mengangkat kembali meja yang sebelumnya dipakai untuk memasak kembali ke kelasnya, wah capek juga ya..emm, tapi mereka kok sama sekali tidak capek dan mengeluh….anak-anak SD IT memang hebat-hebat ya..!!!

“karena diantara tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih kemandirian dan tanggung jawab, jadi mereka dituntut untuk bisa mempertanggung jawabkan dampak dari apa yang mereka lakukan, tidak terkecuali masalah kebersihan..”, kata Ustadzah Yuni yang akrab dipangging ms Yuni ketika ditanya mengenai tujuan dari kegiatan cooking class ini..

Semoga suatu hari nanti ada hari khusus untuk segenap warga SD IT Nidaul Hikmah dimana satu hari penuh digunakan untuk memasak, wow indahnya 😀 … semua bisa saling berbagi dan bisa menikmati masakan yang mereka masak…, semoga kepala sekolahnya ikut membaca tulisan ini dan terpikirkan untuk membuat program Special Day for Cooking….hehe…ngarep banget sih…

😆

lihat koleksi foto2 mereka selama kegiatan lebih lengkap di https://web.facebook.com/pg/LPIT.NH/photos/?tab=album&album_id=955869121184036

jangan lupa untuk like dan share ya….

Comments

comments

TINGGALKAN KOMENTAR


*