Pemilihan Ketua Osis SMP IT NH

SALATIGA – Sabtu, 16 September 2015 bertempat di teras SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga telah berlangsung pemilihan Ketua OSIS. Pemilihan ini diikuti oleh seluruh peserta didik dari kelas 7 sampai dengan kelas 9. Dengan jumlah DPT 76 siswa. Kegiatan ini merupakan agenda rutin sekolah Bidang Kesiswaan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik belajar berdemokrasi. Mereka diberi kesempatan memilih dan dipilih secara langsung.

Diharapkan dari kegiatan ini muncul kesadaran pada diri dan pribadi peserta didik SMPIT Nidaul Hikmah terhadap pentingnya memilih pemimpin yang layak dipimpin dan siap memimpin dengan kaidah dan aturan yang dicontohkan Rasullullah SAW. Di sisi lain diharapkan peserta didik yang tidak menjadi pemimpin siap menjadi orang yang dipimpin dengan tetap memperlihatkan kontrol dan kritis terhadap setiap kebijakan yang diambil pimpinannya. Hal ini diupayakan dengan sungguh-sungguh sehingga organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) akan menjadi ajang pelatihan yang sesungguhnya bagi para peserta didik.

Sebelum pemilihan berlangsung, para kandidat Ketua OSIS ini saling menuliskab visi dan misi yang ditempel di beberapa lokasi. Masing-masing kandidat yang berasal dari kelas tujuh dan delapan ini, tidak mau kalah beradu argumen. Namun, tetap dalam suasana damai dan tenang. Visi dan misi yang diusung, tidak lain untuk memajukan dan memberikan hal yang terbaik untuk sekolah.

Itulah pesta demokrasi yang dilaksanakan SMPIT NIDAUL HIKMAH dalam memilih calon Ketua OSIS sekolahnya periode 2015/2016. Pemilihan ini memang diadopsi seperti pemilihan umum (pemilu) pada umumnya, meskipun belum lengkap seperti yang diharapkan.

“Lewat pemilihan ini, kita ingin membangun budaya dan kultur demokrasi. Mengajari anak untuk belajar memilih calon pemimpin sesuai dengan hati nurani, membangun perbedaan, menghargai setiap pendapat dan menerima hasil pemilihan. Apapun hasilnya, sehingga peserta didik yang tidak terpilih bisa menerima dengan lapang dada,”, pinta Kaur bidang Kesiswaan.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.