by Heru Gunawan, SD IT Nidaul Hikmah

Berbicara tentang pendidikan, kita mengenal pendidikan tidak hanya di sekolah saja, pendidikan itu bisa berasal dari mana saja, dari lingkungan sekitar, dari lingkungan keluarga bahkan berasal dari lingkungan yang jauh dari kita. Dari kejadian alam, dari kehidupan masyarakat suatu tempat dan sebagainya. Nah tak ketinggalan nih, SDIT Nidaul Hikmah juga menerapkan hal demikian, kemarin tepatnya hariĀ  Sabtu, 11 Oktober 2014 siswa-siswi kelas 5 SDIT Nidaul Hikmah Salatiga melaksanakan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) ke Yogjakarta. Kegiatan ini diikuti sekitar 100 anak kelas 5 dan 14 guru pendamping. Menurut Ibu Sri Wahyuni (Ms.Yuni ) selaku ketua panitia, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak dalam kehidupan masyarakat sesungguhnya, seperi halnya ketika berkunjung ke industri gerabah di daerah Kasongan anak dapat belajar bagaimana pentingnya air dalam kehidupan industri. Selain itu mereka juga dapat belajar tentang perubahan bentuk benda untuk meningkatkan nilai jual tersebut. Di Kasongan anak-anak dapat belajar berbagai jenis benda yang terbuat dari bahan-bahan yang tersedia di alam seperti tanah liat, kayu, daun dan sebagainya yang telah dirubah bentuknya sehingga memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Setelah melihat kegiatan di Kasongan diharapkan dalam jiwa anak-anak tumbuh keinginan untuk memanfaatkan benda di lingkungan sekitar dan lebih menghargai air dalam kehidupan mereka.

IMG_0307.JPGDari Kasongan perjalanan dilanjutkan menuju daerah Imogiri (daerah makan para raja mataram yang cukup terkenal) tepatnya di Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul untuk melihat industri batik tulis. Perjalanan dari Kasongan menuju Giriloyo memang cukup jauh, membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Akses menuju daerah ini juga tak seluas daerah kota karena daerah ini memang pedesaan di bawah Makam Imogiri. Di sana anak-anak dijamu makanan khas daerah setempat yaitu wedang uwuh dan tiwul. Usai sholat dhuhur anak-anak diberi kesempatan untuk praktek membatik tulis dengan canting dan malam. Selain itu anak-anak juga diberi penjelasan tentang industri batik di sana, tentang sejarah, bahan dan proses pembuatan batik. Batik di sana ada 2 jenis yaitu batik sintetis dan batik dari bahan pewarna alam.

Usai dari industri batik tulis Giriloyo perjalanan dilanjutkan menuju Benteng Vredeburg dan Taman Pintar Yogjakarta. Di Museum Benteng Vredeburg anak-anak belajar tentang sejarah perjuangan rakyat Jogja untuk memperjuangkan kemerdekaan dan memperhankan kemerdekaan. Anak-anak belajar dari video yang diputarkan oleh petugas dan melihat diaroma perjuangan rakyat tersebut. Dari Museum Benteng Vredeburg anak-anak berjalan menuju Taman Pintar yang terletak di sebelahnya. Taman Pintar merupakan arena bermain dan belajar yang dilengkapi dengan teknologi modern.

Usai dari kegiatan di atas, rombongan PLS beristirahat di bus dan melakukan perjalanan pulang, sampai di Sekolah sekitar jam 10 malam.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.