Kegiatan Siswa SD IT Nidaul Hikmah

SDIT NIDAUL HIKMAH SALATIGA sebagai Lembaga Pendidikan Formal untuk mewujudkan visi dan misi sekolah, selain menyelenggarakan kegiatan pokok/intrakurikuler seperti : kegiatan belajar mengajar, ulangan harian, ujian akhir kelas 6,maka SDIT Nidaul Hikmah juga melaksanakan berbagai bentuk kegiatan pendidikan baik yang bersifat akademik, spiritual, emosional, ekstrakurikuler dan umum, yang dikelola dalam bentuk aktivitas yang bersifat rutin maupun insidentil, seperti :

A. KEGIATAN RUTIN

  1. 1.    Pembacaan Ikrar dan Doa

Pembacaan ikrar dan doa dilakukan di kelas masing-masing sambil baris di depan kelas. Kegiatan ini untuk mengajarkan siswa mengutamakan Allah sebelum melakukan kegiatan di sekolah dalam bentuk : pembacaan ikrar syahadat, ikrar kerelaan, doa belajar, doa pembuka hati dan doa pagi hari.

  1. 2.    Sholat Dhuha

Sholat dhuha dilakukan siswa setiap hari untuk meningkatkan kedekatan siswa kepada Allah setiap waktunya.

  1. 3.    Klub Belajar

Kegiatan kelompok belajar pada mata pelajaran tertentu, yang diikuti oleh sebagian para siswa kelas 3 – 6 setelah melalui proses seleksi. Ada 4 macam kegiatan klub belajar : a. Sains Club               b. Mathematic Club             c. Computer Club, dll

  1. 4.    Extrakurikuler

Kegiatan extrakurikuler di SDIT Nidaul Hikmah bertujuan untuk mengembangkan bakat ,minat dan prestasi siswa, meliputi :

  1. Ekstra Wajib             : Pramuka SIT
  2. Ekstra Pilihan            : Seni Lukis/mewarnai, seni musik, wushu, sepak bola,bulu tangkis, tenis keja, khitobah, qiro’ah, english club, dan teater
  3. 5.    Perpustakaan
    Kegiatan membaca di ruang perpustakaan semakin digiatkan bagi setiap siswa. Setiap hari sekolah memberi kesempatan pada semua siswa untuk datang di perpustakaan. Di samping membiasakan siswa untuk membaca, seminggu sekali siswa diberi kesempatan untuk meminjam buku-buku yang tersedia.

 

 

B. KEGIATAN INSIDENTIL

  1. 1.    Outing Class (OC)

OC merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di luar kelas / sekolah dalam bentuk kunjungan belajar di beberapa tempat yang dapat menjadi sumber belajar siswa. Kegiatan ini sebagai bentuk pembelajaran yang dilaksanakan saat tengah semester.
Tujuan dari OC adalah :

  1. Mengenalkan siswa pada sumber belajar yang ada di luar kelas/sekolah
  2. Melatih siswa untuk melakukan pengamatan terhadap obyek yang menjadi sumber belajar.
  3. Melatih siswa menghimpun keterangan dengan nara sumber melalui kegiatan tanya jawab/wawancara.
  4. Melatih siswa menyusun laporan secara tertulis dari hasil pengamatan, wawancara/tanya jawab dan sumber informasi lain yang diperoleh
  5. Melatih siswa untuk mengkomunikasikan hasil kunjungan belajar pada orang lain
  6. Melengkapi bahan penilaian terhadap siswa
  7. 2.    Pekan Maulid Nabi

Pekan Maulid Nabi dilakukan setiap bulan Rabbiul Awwal (tahun Hijriyah), dengan tujuan agar siswa selalu mengingat dan mensyukuri akan kelahiran Sang Juru selamat Manusia. Biasanya sekolah mengadakan lomba-lomba pekan maulid nabi.

  1. 3.    Peringatan Hari Raya Idul Adha dan Qurban

Perayaan memperingati Idul Adha dilakukan setiap tahun, dengan tujuan agar para siswa dan guru semakin menghayati makna pengorbanan. Dalam perayaan ini, anak-anak menyaksikan penyembelihan hewan qurban dan membagikan daging qurban untuk fakir miskin di sekitar sekolah.

  1. 4.    Outbond

Bentuk kegiatan untuk pembentukan karakter pribadi yang positif melalui beragam permaianan yang meliputi unsur jasmani, intelegensi, hubungan sosial, tantangan, ilmu pengetahuan dan nilai-nilai empati. Dilaksanakan secara berkeompok maupun perorangan di alam terbuka.

  1. 5.    Pendidikan Luar Sekolah

Kegiatan widya wisata khusus bagi siswa kelas V, bertujuan untuk menunjukkan kepada siswa secara langsung pada obyek wisata di sekitar Jawa Tengah, mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari obyek tersebut serta menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap peninggalan sejarah atau potensi yang ada di obyek wisata yang dikunjungi .

 

  1. 6.    Mabit (Malam Bina imandan Taqwa)

Bentuk kegiatan Mabit bagi siswa IV – VI.Bertujuan untuk memberikan bekal rohani bagi siswa. Mabit diadakan setahun minimal 2 kali.

  1. 7.    Akhirussanah

Kegiatan akhirussanah bagi siswa Kelas VI yang bertujuan mewisuda siswa-siswi yang telah menyelesaikan/mencapai kelulusan dari pendidikan di SDIT Nidaul Hikmah.

  1. 8.    Pertemuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG)

Kegiatan pertemuan antara sekolah dengan orangtua/wali siswa dalam bentuk : persekutuan, ceramah, keakraban dan lain-lain, bertujuan untuk menjalin komunikasi, kerjasama dan partisipasi yang berguna untuk kemajuan anak-anak maupun sekolah.

  1. 9.    Festival Kreativitas Anak

Kegiatan untuk menghadirkan anak-anak TK-B dari sekolah-sekolah di dalam dan luarJSIT untuk mengikuti beberapa kegiatan lomba/pelatihan yang menarik dan bermanfaat bagi mereka tanpa dipungut biaya/gratis, sehingga anak-anak dapat mengetahui lebih dekat keberadaan dari SDIT Nidaulhikmah, sehingga diharapkan pada akhirnya saat menjelang PSB, mereka akan berminat mendaftarkan diri sebagai calon siswa baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.