Mudahnya Menghitung Usia Dengan Aplikasi Excel

Jika anda adalah admin di sekolah, sudah pasti menjadi rutinitas dalam menghitung umur/usia baik guru/pegawai, usia siswa, bisa juga menghitung masa kerja (TMT). Bagi orang yang masih memiliki pemikiran tradisional pasti akan menghitung secara manual, tidak masalah jika kita hanya menghitung usia dengan jumlah data sedikit,tapi bagaimana jika data yang kita hitung berjumlah ratusan atau ribuan? Tentu kita akan banyak membuang-buang waktu, selain cara seperti ini sangat lama dan tidak efektif, cara seperti ini juga seringkali menghasilkan hasil yang tidak valid, tapi taukah anda, ada cara yang lebih cepat, efektif dan langsung terintegrasi dengan aplikasi excel (berupa rumus) yang umumnya digunakan untuk rekap data, tapi tentunnya disini diperlukan sedikit pengetahuan mengenai excel, tapi jika anda lebih mahir lagi tentu akan lebih bagus.

Semua rekap data di sekolah-sekolah umumnya memakai aplikasi spreadsheet walau banyak juga yang rekap melalui aplikasi khusus yang memang dibuat untuk merekap data-data tertentu, tapi pengetahuan tentang aplikasi spreadsheet memang wajib dimiliki oleh pegawai kantor / admin sekolah. Baik rekap PSB, data keuangan, data kepegawaian, pelaporan-pelaporan umumnya berformat excel. Ada beberapa aplikasi spreadsheet yang sering dipakai, dan salah satu diantaranya yaitu aplikasi excel yang merupakan bagian dari Microsoft Office.

Mungkin cara seperti ini sudah sering diulas di tutorial internet, mungkin juga sudah banyak dari pembaca yang tahu dengan cara ini, tapi tidak ada salahnya jika mencoba mengulas kembali tentunya dengan bahasa yang berbeda, siapa tahu masih ada yang belum mengetahui cara ini dan masih menggunakan metode manual dalam menghitung umur/usia.

Untuk menghitung umur, di sini kita menggunakan fungsi datedif , penggunaannya cukup mudah, caranya adalah dengan menggunakan sintak seperti di bawah ini

=datedif(“tanggal yang mau dihitung”;”tanggal acuan”;”format yang mau dicari”);

Tanggal dan tanda pembatas(,/;) harus disesuaikan dengan format yang disetting dikomputer

Untuk format yang mau dicari bisa berupa

“Y” : jika kita mau menghitung usia dalam hitungan tahun

“Ym” : Jika kita mau menghitung  sisa berapa bulan dari hitungan tahun

“Md” : jika kita mau menghitung sisa berapa hari dari hitungan bulan

Contoh penggunaan

=datedif(20/12/2000”;”01/07/2015”;”Y”) hasil = 14 Tahun

=datedif(20/12/2000”;”01/07/2015”;”Ym”) hasil = 6 Bulan

=datedif(20/12/2000”;”01/07/2015”;”Md”) hasil = 12 Hari

Perhitungan dari sample di atas digunakan untuk menghitung usia dengan tanggal lahir 20 Desember 2000, dan dihitung sampai pertanggal 01 Juli 2015, hasil perhitungan usia menurut perhitungan diatas adalah 14 tahun 6 bulan dan 12 hari, cukup mudah bukan? Dan tentunya bisa dihitung lebih detail.

Sample di atas menurut settingan dikomputer dengan format tanggal dd/mm/yyyy dan dengan tanda pembatas (;), untuk mengatur format tanggal dengan yang diinginkan caranya adalah dengan masuk ke control panel->regional and language, dan silahkan atur pada bagian short date, sedangkan untuk mengatur tanda pembatas(delimiter) masuk lagi dibagian additional setting dan ubah dibagian list separator

Sample penggunaan fungsi datedif

sample datedif

Semoga dengan cara ini, pihak Admin/pegawai bisa menyelesaikan perhitungan usia dengan cepat, sehingga tidak banyak waktu dan tenaga yang menjadi terbuang.

Comments

comments

5 thoughts on “Mudahnya Menghitung Usia Dengan Aplikasi Excel

  1. kenapa muncul “you typed an error contains” ? saya sudah memasukkan rumusnya spt yg dicontohkan. tolong penjelasannya.. terimakasih

    • pada sampel yang di posting ada yang kurang, pada bagian =datedif(20/12/2000”…..seharusnya ada tambahan petik dua (“) untuk mengawali tanggalnya /tanggal diapit petik dua(“)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.